Cara Menyembunyikan Widget pada Artikel Tertentu

Bookmark and Share
Cara Menyembunyikan Widget pada Artikel Tertentu - Assalamualaikum sobat blogger semuanya. Kangen nih sama aktivitas blogging. Setelah beberapa hari gak berhenti sejenak karena pulsa modem habis.. (hehe.. gak punya uang buat isi pulsa), akhirnya hari ini saya bisa kembali lagi membawakan tips dan trik blogger yang pastinya sayang untuk sobat lewatkan.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menyembunyikan Widget pada Artikel Tertentu. Sobat pasti tahu kalau terlalu banyak widget yang kita pasang pada blog kadang-kadang akan membuat loading blog kita akan sangat lama. Tentunya hal itu akan mengganggu kenyamanan pengunjung yang sedang mencari informasi di blog kita. Dan akhirnya tidak menutup kemungkinan pengunjung blog kita akan lari ke blog lain. Baca postingan saya sebelumnya tentang Cara Mempercepat loading halaman blog. Nah bagaimana untuk memecahkan masalah ini? Salah satu caranya yaitu dengan menyembunyikan widget pada artikel tertentu. Widget juga bisa menyebabkan bertambahnya outbond link di blog kita. Dan itu tidak baik untuk SEO.

Sekarang, Bagaimana Cara Menyembunyikan Widget pada Artikel Tertentu? Langsung saja ke TKP:

  • Login ke akun blogger sobat.
  • Langsung ke menu Tempalte
  • Pilih Edit HTML
  • Cari judul widget sobat (Ctrl+C pada Mozilla, F3 pada Chrome dan IE). Jika widgetnya belum punya judul. Beri judul dulu agar memudahkan proses pencarian.  
  • Masukkan kode ini ditengah-tengah widget sobat.

<b:if cond='data:blog.url != "Masukan alamat url artikel"'>
......


</b:if>
Misalkan widget sobat namanya "Terbaru":

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='Terbaru' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url != "Masukan alamat url"'>
............
............
............
</b:if>

  •  NB: letakkan kode penutup </b:if> setelah kode </div>
  • Jangan lupa simpan templatenya.
Demikianlah info seputar tips dan trik blogger dari saya. Semoga berhasil.. Cara Menyembunyikan Widget pada Artikel Tertentu.
Referensi: http://www.antigaptek.com/2011/08/cara-menyembunyikan-widget-blog-pada.html

{ 7 comments... Views All / Send Comment! }

rey said...

makasih infonya bermanfaat banget. terus berkarya sob...

Arif Hidayatullah said...

ok sob.
thanks atas kunjungannya. :20

Anonymous said...

misalnya yang ingin disembunyiin adsense bukan widget gimana gan? misalnya ane pengen nyembunyiin / menghilangkan pada halaman contact, privacy policy, dll caranya gimana gan? mohon bantuannya

Ramzi said...

Jadi pada halaman tertentu nanti widget tersebut tidak akan ditampilkan ya sob ?
keren ni, nice share :)

yudhacomunity.blogspot.com said...

itu kan harus di sembunyikan 1 per satu ? nah cara nya agar semua gedget tidak tampil di postingan gmn ??? kayak blogazin,...
mohon bantuan nya donk
jika ada waktu mampir ke Bobol Segala jenis billing Warnet

Vion said...

Ikutan menyimak dulu Gan, masih belum mengerti dengan jelas :)

Yan Chriestiano said...

Hmm ternyta ada dsni jawaban'y, makaasih,,,,

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Jika ada yang mau disampaikan silahkan tuliskan komentar sobat dibawah ini. Komentar sobat sangat berarti bagi blog ini. Tapi tolong jangan SPAM. Karena saya sangat membenci SPAM.
Best Regards
Tips dan trik Blogger