Cara Membuat Read More Otomatis di Blog

Bookmark and Share
Hallo sobat blogger semuanya. Akhir-akhir ini saya sedang semangat-semangatnya mengupdate blog ini. Tak tau kenapa, tapi yang jelas saya merasa, semangat untuk blogging saya mulai bangkit lagi setelah hampir satu tahun memutuskan berhenti dalam dunia blogger. Hehe jadi sedikit curhat neh.. Baiklah kali ini saya akan memberikan sebuah tips blogger tentang Cara Membuat Read More Otomatis di Blog.

Cara Membuat Read More Otomatis di Blog
image from www.allblogtools.com

Pemasangan Read More ini dimaksudkan agar loading dari blog kita lebih cepat pada saat membuka home page karena jika tidak dipasangi Read More maka home page blog kita akan memuat/menampilkan seluruh bagian artikel, bayangkan jika tulisan artikel sobat panjang-panjang, maka homepage blog sobat akan memuat tujuh buah artikel (default blogger) secara penuh. Tentu saja hal ini akan membuat pengujung blog sobat akan merasa bosan menunggu loading dari blog tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan meninggalkan blog sobat. Nah dengan adanya fasilitas Read More ini, maka secara otomatis akan memotong/membatasi tampilan artikel di homepage blog sobat sampai pada bagian tertentu sesuai keinginan sobat. Cara ini sangat penting untuk diterapkan di blog kita, karena seperti kata saya tadi. Blog kita akan semakin cepat loadingnya, dan tentu saja membuat pengunjung blog anda betah berada di blog kita.

Baiklah, untuk membuat read more otomatis di blog sobat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Seperti biasa, Login ke Akun blogger sobat.
  • Lanjut ke Menu Template. jangan lupa backup template blog sobat.
  • Klik Edit HTML.
  • Cari kode </head>, dan letakkan kode berikut ini tepat dibawah kode </head>

<script type='text/javascript'> var thumbnail_mode = &quot;no-float&quot; ; summary_noimg = 430; summary_img = 340; img_thumb_height = 100; img_thumb_width = 120; </script> <script src='http://rizqi.moehamed.googlepages.com/read-moreotomatis.js' type='text/javascript'/>
  • Cari lagi kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> ganti kode tersebut dengan kode berikut ini

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);
</script>
<span class='rmlink' style='float:right;padding-top:20px;'>
<a expr:href='data:post.url'>&#187;&#187;&#160;&#160;READMORE...</a></span>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>

Keterangan: Sobat bisa mengganti tulisan yang berwarna Biru sesuai keinginan sobat. Misalnya, baca selengkapnya, read full dll.
  • Dan terakhir, Save template sobat.
Gimana sobat gampangkan? Mungkin sekian dulu postingan tips dan trik blogger tentang Cara Membuat Read More Otomatis di Blog dari saya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya. Makasih telah berkunjung. Mungkin anda juga tertarik membaca artikel saya sebelumnya tentang:

{ 15 comments... Views All / Send Comment! }

Maspena said...

Tips yg mantap gan. Brkunjung jga keblog ane gan.

Arif Hidayatullah said...

Ok gan, makasih telah berkunjung.. :10

Alfan Alfyan said...

He he he,,,selam kenal juga Gan,,,,, kayanya lebih seru kalo pake Daftar isi aau sitemap.
Thank's atau kunjungannya.... aku baru newbie
Alfan Note.DXXX :38

Arif Hidayatullah said...

Hehe.. Kita sama2 newbie gan..
Salam newbie saja.. hehe :10

GBI R.O.C.K PALU said...

gak dapet kode body postnya

Arif Hidayatullah said...

coba cari kode ini sobat <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p>.

semoga membantu..

Maulida Ramandika Putra said...

pencet ctrl + f lah

Arif Hidayatullah said...

ia bnar sobat, untuk memudahkan pencarian, tekan saja ctrl + f (mozilla) dan f3 (chrome, IE)

Uswah said...

tengkyuuuuu :)

Blog Administrator said...

mantap gan, mohon kunjungan baliknya ke blog ane http://www.infounix.com/ terima kasih :12 , kalo perlu agan follow blog ane, terus ane juga akan follow back gan, jangan cemas....

Yuyut Wahyudi @Berbagi itu Peduli said...

Read more penting juga sih untuk blog, bisa meningkatkan pageview juga tapi aku malah belum sempat pasang di template baruku

Arie Mahardana said...

Koq hbs di klik baca selengkapnya... munculnya page full lama banget ya gan.....

Mang uem said...

Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Cuters said...

Saya coba terapkan gan, trims ya. Ditunggu kunjungannya...

Aliz said...

mantap bos caranya

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Jika ada yang mau disampaikan silahkan tuliskan komentar sobat dibawah ini. Komentar sobat sangat berarti bagi blog ini. Tapi tolong jangan SPAM. Karena saya sangat membenci SPAM.
Best Regards
Tips dan trik Blogger